RSS

«

Mar 19

Depresi ? Ini Hal Yang Perlu Anda Lakukan

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Depresi

10 Hal Mengatasi Depresi

Ketika keadaan ekonom terhambat, orang-orang memiliki alasan yang lebih untuk menjadi depresi. Ditambah uang yang sedikit tidak mungkin digunakan untuk melakukan treatment melawan depresi. Uang untuk melakukan terapi sangatlah mahal. Oleh karena itu ada beberapa kiat-kiat dan tips yang dapat anda gunakan untuk melawan depresi anda.

1. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Ini adalah hal paling sederhana, termurah dan hal paling penting yang dapat anda lakukan untuk melawan depresi anda. Perasaan yang salah dan tidak mampu yang muncul dari diri kita sendiri yang dapat memperpuruk keadaan. Oleh karena itu selalu lah bersikap positif, jika memang melakukan kesalahan, segeralah berbenah diri dan jangan terlalu dalam kesalahan tersebut. Praktis hal ini membutuhkan sikap pro-aktif, otomatis memerlukan kesabaran.

Kita harus menyadari bahwa depresi adalah sebuah penyakit yang memerlukan perhatian khusus. Anda harus mampu melawan depresi anda sendiri, orang lain hanya dapat membantu. Keputusan ada di tangan anda sendiri. Tidak masuk akal jika anda terus menyalahkan diri anda sendiri.

2. Bicarakanlah

Bicarakanlah

Ini tidak mudah, tetapi berbicara dengan orang lain lebih baik daripada menyimpannya dan merahasiakannya terus menerus. Memang, tidak semua orang akan mengerti dan mendukung. Tetapi yang jelas dengan mengutarakan hal yang membebani anda akan dapat meringankan beban anda perlahan. Mungkin teman, pacar, saudara, atau keluarga anda tidak dapat membantu memcahkan masalah anda. Tetapi mereka dapat memberi dukungan emosional, membantu anda dalam menentukan pilihan treatment, dan hal-hal lain yang bisa mereka lakukan untuk anda.

Jangan biarkan diri anda terisolasi, kita hidup sebagai individu yang membutuhkan satu sama lain. Banyak orang yang menyayangi anda dan tidak membiarkan anda dalam keadaan terpuruk.

3. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Olahraga Teratur

Pergi keluar untuk lari atau olahraga di gym benar-benar dapat membuat anda merasa lebih baik. Bila dilakukan secara teratur, 30 menit atau lebih, olahraga berat dapat mengurangai gejala depresi. Pada suatu penelitian pada seorang pasieng yang bersepeda secara teratur selama 12 minggu terlihat gejala mereka berkurang hampir 50%.

Olahraga memiliki keuntungan jangka pendek juga. Penelitian lain menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan mood anda hingga 12 jam.

 

4. Menunda Keputusan Besar

Menunda Keputusan Besar

Depresi dapat menpengaruhi persepsi dan penilaian. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda menunda keputusan-keputusan besar tentang hubungan anda atau karir hingga anda merasa lebih baik.

Salah satu gejala depresi adalah memiliki pandangan negatif dalam hampir setiap hal dalam hidup anda. Semua terlihat salah di mata anda ketika anda depresi dan anda mungkin tidak menyadarinya. Oleh karena itu keputusan-keputusan penting sebaiknya ditunda.

Jika memang harus benar-benar mengambil keputusan dan tidak bisa ditunda. Maka jangan gegabah. Sebelum membuat keputusan, konsultasikan dengan orang yang dekat dengan anda dan anda percayai. Semisal therapist anda, keluarga anda, teman adna atau pacar anda.

5. Jaga Kesehatan Anda

Jaga Kesehatan Anda

Jika anda merasa depresi, itu akan membuat kesehatan anda menurun. Tetapi jika anda tidak menjaga kesehatan anda, maka keadaanya akan semakin memburuk.

Seperti halnya kata pepatah “Didalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat”. Oleh karena itu untuk menangkal depresi yang berkelanjutan, anda harus memiliki tubuh yang sehat serta bugar.

 

 

6. Menjaga Rutinitas Harian

Menjaga Rutinitas Harian

Tetap pada rutinitas harian Anda sebisa mungkin sangatlah penting melawan depresi. Jangan biarkan anda hanya berdiam diri di rumah dengan mengenakan piyama yang dapat membuat keadaan semakin buruk. Tetap jalani kegiatan-kegiatan harian anda seperti jogging, shopping, atau apapun kegitan harian Anda. Rutinitas mendemonstrasikan Anda dan orang lain bahwa anda mampu melewati hari-hari dan dapat pulih.

 

 

7. Makan Makanan Sehat

Pola Makan Sehat

Apa yang anda makan akan mempengaruhi otak. Oleh karena sangat penting untuk memakan makanan yang sehat dan seimbang seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sayur-sayuran dan protein.

Tidak ada makanan spesial untuk menghadapi depresi. Tetapi ada beberapa makanan yang dapat mempengaruhi mood anda. Sebagai contoh, makanan yang mengandung karbohidrat dan vitamin D dapat meingkatkan kadar serotin, yaitu sebuah neurotransmitter yang bertanggung jawab atas mood.

Beberapa penelitian menyarankan makanan yang mengandung omega-3 asam lemak, yang ada di ikan dan suplemen minyak ikan dapat membantu anda melawan depresi.

8.Hindari Obat-Obatan dan Alkohol

Hindari Obat-Obatan dan Alkohol

Walaupun depresi dapat menggoda anda untuk minum-minuman dan memakai drugs. Jangan lakukan itu. Banyak orang yang meminum-miniman beralkohol dan menggunakan drugs ketika depresi. Mereka menganggap itu dapat membuat mereka terbebas dari apa masalah yang dialimnya. Tetapi ini jelas-jelas hal yang salah dan menimbulkan efek yang sangat buruk di kemudian hari.

Minum-minuman dan menggunakan drugs dapat mempengaruhi brain chemistry. Ini dapat mempengaruhi hubungan anda, pekerjaan anda, dan seluruh aspek kehidupan anda. Bahkan menjadi sangat berbahaya jika dikombinasikan dengan beberapa antidepressants.

Say No To Drugs !

9. Mencoba Tidur Nyenyak

Tidur Nyenyak

Depresi dan tidur nyenyak sering dibolak-balik. Orang yang depresi tidak dapat tidur dengan nyenyak, seperti halnya insomnia. Tetapi itu tidak berlaku untuk semua orang. Kurang tidur terkadang dapat meningkatkan mood orang yang depresi.

Tidak banyak yang diketahui tentang hubungan depresi dan tidur. Tetapi para ahli menganjurkan orang yang depresi memiliki jadwa tidur-bangun yang cukup.

 

 

10. Jangan Terlalu Padat Jadwal Kegiatan Anda

Jangan Terlalu Padat Jadwal Kegiatan Anda

Merasa stress dan kewalahan adalah pemicu umum timbulnya depresi. Jika anda melawan depresi, maka jangan terlalu banyak jadwal dan kerjaan yang harus anda lakukan. Penting untuk anda mengambil pekerjaan dengan waktu yang dapat anda manage dengan baik. Jika anda memiliki banyak tugas yang complicated. Maka bagi saja tugas-tugas itu menjadi bagian-bagian yang dapat anda manage.

Tidak apa-apa jika anda kalem sejenak. Misal anda dapat bekerja 100%, maka anda dapat hanya 75%. Itu sudah cukup baik. Tetapi yang terpenting adalah ada waktu istirahat disela-sela kesibukan anda untuk menghindari stress dan kewalahan. Terlebih jika anda merasa sakit dan tidak dapat melakukan kerjaan anda, sebaiknya anda beristirahat penuh dan memulihkan kondisi anda kembali.

Sekian, semoga bermanfaat.

Sumber : www.health.com

Be Sociable, Share!
  • Tweet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>